close
close
iklan 120 x 600 kiri

Ini Cara Kunang-Kunang Bercahaya

Ini Cara Kunang-Kunang Bercahaya

Ini Cara Kunang-Kunang Bercahaya

Domino99 | Kunang-kunang adalah hewan yang penuh misteri. Hewan satu ini bisa menyala pada malam hari, cahaya redup dari kunang-kunang membuat orang merinding. Proses yang membuat serangga ini menyala ternyata sangat mengagumkan. Serangga jenis ini biasanya hanya muncul di musim panas karena serangga ini berkembang di lingkungan hangat dan tropis.

Mekanisme cahaya kunang-kunang memiliki beberapa tujuan. Kunang-kunang bersinar ketika masih berupa larva kecil. Cahaya kedip pucat kunang-kunang merupakan peringatan bagi predator. Menurut para peneliti, larva kunang-kunang mengandung bahan kimia yang merupkan racun bagi hewan dan manusia. Lalu apa yang membuatnya bersinar?

Penelitian Harvard Medical School menjelaskan, cahaya itu merupakan hasil pencampuran oksigen, pigmen yang disebut luciferin, enzim luciferase, bahan kimia adenosine triphosphate (ATP) yang menyediakan sel energi. Kristal asam urat yang terletak dalam sel diaktifkan untuk membuat cahaya dan bertindak sebagai lapisan reflektif dan cahaya dari badan serangga.


Namun, selepas teori penelitian itu semua, pola kedip perut kunang-kunang itu masih tetap menjadi sebuah misteri karena ilmuwan tak yakin apakah pola itu dikendalikan sel-sel saraf serangga atau suplai oksigen. Para ilmuwan hanya mengetahui kegunaan kedipan itu. Domino99

0 comments: