close
close
iklan 120 x 600 kiri

Kisah Berakhirnya Persahabatan Bill Gates Dan Paul Allen

Kisah Berakhirnya Persahabatan Bill Gates Dan Paul Allen

Kisah Berakhirnya Persahabatan Bill Gates Dan Paul Allen

Domino99 - Paul Allen dan Bill Gates adalah sahabat yang sudah dekat sejak SMA dan mereka juga yang mendirikan Microsoft. Namun hubungan persahabatannya retak. Allen mengklaim semuanya karena ulah Gates.

Kisah berakhirnya hubungan persahabatan Gates dan Allen terungkap dalam buku biografi Allen berjudul Idea Man : a Memoir. Dalam cerita buku tersebut Allen banyak menceritakan kedekatannya dengan Gates sekaligus bagaimana berakhirnya hubungan baik mereka.

Seperti dikisahkan sebelumnya, Allen dan Gates awalnya bertemu di SMA Lakeside di Seattle. Mereka ini sama-sama gila komputer dan jadi teman dekat. Sama-sama jenius dan pintar sehingga mereka berdua sangat cocok.

Tahun 1975, keduanya mendirikan Microsoft yang lantas berkembang luar biasa. Nah, pembagiam saham pun dilakukan. Gates meminta bagian lebih banyak karena merasa bekerja lebih keras.

Awalnya pembagian saham adalah 50-50. Tapi Gates meminta bagian saham Microsoft lebih besar, 64-36. Allen akhirnya setuju karena merasa Gates sangat bawel.

Persahabatan mereka semakin memburuk seiring bertambah besarnya Microsoft. Allen dan Gates sering adu argumentasi selama berjam-jam. Kemudian Gates memasukkan temannya Steve Ballmer yang di kemudian hari akan menjadi CEO Microsoft. Domino99
Gates langsung menawari bagian saham 8,75% yang membuat Allen marah. Pada tahun 1982, Allen terjatuh sakit dan absen bekerja. Saat kembali ke Microsoft, dia merasa tak dianggap lagi. Tak hanya itu, Allen juga mendengar kalau Gates dan Ballmer ingin mengurangi jatah sahamnya.

Allen yang mengetahui hal tersebut marah besar. Ballmer dan Gates pun sadar dan minta maaf, tapi bagi Allen, hubungan mereka tak bisa diperbaiki lagi. Maka, Allen memutuskan mundur dari Microsoft.

Gates mencoba membeli saham Microsoft yang dimiliki Allen seharga USD 5 per lembar, tapi Allen menolaknya. Keputusan itu sangat tepat karena harga saham Microsoft kemudian sangat tinggi. Sekarang saja kekayaan Allen lebih dari USD 18 milliar karena masih memiliki banyak saham Microsoft.

Cerita Allen di buku biografinya itu pernah dikomentari oleh Gates. Apapun yang terjadi di masa lalu, Gates tetap berterima kasih pada Allen.


Pada tahun-tahun belakangan, hubungan mereka mulai membaik. Bahkan keduanya tak segan berfoto bersama lagi, mungkin sembari mengingat bagaimana dulu mereka berduet menciptakan Microsoft sampai saat ini. Domino 99

0 comments: